TOEFL SCORE 350- KU NAIK KE 593 HANYA DALAM 3 BULAN!!! INI RAHASIANYA…

Namaku Artika, dari Medan. Tepat tanggal 10 Februari 2017, 6 bulan 10 hari aku berada di kota Pare tercinta ini dimana Mr. Sam, tutor TOEFL-ku, mengumumkan hasil ujian terakhir.. Yach, 593! Melebihi bayanganku! Sebenarnya aku tidak percaya dengan hasil ini, karena menurutku, aku masih pemula. Dengan belajar English dari dasar, hanya dalam hitungan bulan, mungkinkah itu terwujud? Percaya atau tidak, sebelum aku datang ke Pare untuk membedakan Do atau Does saja pun aku tidak tahu. Impossible rasanya! Tapi lagi-lagi Allah Maha Baik. Allah-lah yang menuntun ku menemukan tempat ini: CLIent Kampung Inggris Pare dengan ”metode ajaibnya.”

Tepat di tanggal 1 Agustus aku berada di kota Pare. Rencananya, aku belajar bahasa Inggris dasar dan TOEFL di Pare agar aku bisa mengikuti seleksi beasiswa yang sangat terkenal di Indonesia yang mensyaratkan untuk memiliki sertifikat TOEFL. Aku bersegera mendaftar di salah satu kursusan yang sangat terkenal di Pare, tapi apa daya kuota kursusan tersebut sudah penuh, dan aku disarankan untuk ke cabang-nya. Setelah 3 bulan di cabang, aku bisa di transfer ke kursusan yang terkenal tersebut. Akhirnya aku mendaftar di cabang dan mengikuti pelajaran disana. 2 bulan kulalui dan aku merasa sudah hebat, karena nilai yang kudapat di sana selalu A. Dengan cukup kesombongan, aku memberanikan diri mendaftar TOEFL di salah satu kursusan yang terkenal dengan TOEFL nya di Pare, tapi lagi-lagi kuota kursusan tersebut penuh.

Akhirnya aku meminta saran temanku yang pernah belajar di Pare yang ternyata juga mantan siswa Mr. Sam, tutor senior CLIent. Ms. Dian, beliau lah yang menyarankan ku datang ke tempat ini, dan memberikan No. Hp Mr. Irham kepadaku. Aku menghubungi Mr. Irham dan bernegosisasi mengenai TOEFL dan masih sangat terngiang di telingaku kata-kata beliau: ”Mbak, di tempat kami seluruh siswa yang mau mengambil kelas TOEFL harus di tes dahulu, jika mbak lulus, maka akan di lanjutkan kelas TOEFL, tapi bila mbak gak lulus, maka mbak akan disarankan untuk mengikuti kelas dasar di tempat kami.”

Dari kata-kata beliau, aku menyimpulkan bahwa CLIent adalah kursusan yang berbeda. Setau saya hanya ada beberapa kursusan di Pare yang membuat rule seperti ini. Umumnya kursusan menerima pendaftar tanpa mensyaratkan apapun karena mereka juga butuh uang. So, Anda tinggal datang dan pilih kelas yang Anda mau. Anda bayar dan pasti bisa masuk ke kelas tersebut. Tapi PERCAYALAH!!! Tanpa memiliki dasar bahasa Inggris yang baik, anda hanya akan BERPUSING RIA dengan soal-soal TOEFL di sana. Lembaga kursus itu bisa jadi akan ”cuci tangan” hanya dengan mendakwa bahwa Anda kurang giat belajar bila itu terjadi.

Akhirnya aku mengikuti seleksi ujian dan hasil ujian-ku adalah 350, hasil selama 2 bulan belajar bahasa Inggris! Aku pun disaran kan oleh Mr. Sam untuk mengikuti kelas dasar yaitu Academic English Mastery (AEM) 1 yang menjadi kelas dasar/ persiapan di CLIent. Setelah masuk kelas 1 hari, aku sempat bernegosiasi lagi untuk naik ke AEM 2 yang kurasa lebih menantang. Menurutku, aku sudah mampu untuk pelajaran AEM 1, dan aku pun di perbolehkan untuk naik ke kelas AEM 2 dengan syarat aku menyelesaikan ujian yang diberikan oleh Mr. Gud, ”mbahnya” para tutor di CLIent, dan haha, Anda tau hasilnya? Masih membekas di ingatan ku, dari 7 soal, jawabanku yang benar hanya 1. Ternyata aku belum mampu. Beliau menyarankan agar aku tetap di AEM 1. Akhirnya aku berbicara pada diriku sendiri, KALAU AKU PERANG TAPI TIDAK MEYIAPKAN PELURU DAN STRATEGI PERANG YANG BAIK, ITU SAMA SAJA DENGAN AKU BUNUH DIRI. Aku pun ikhlas melalui AEM 1 dan AEM 2, karena selain tutor-tutor CLIent Kampung Inggris Pare ini memang handal, teman-teman kelas ku juga sangat baik.

Setelah lulus AEM 2 aku mengambil kelas TOEFL. Pada awal pembelajaran, kami ujian pre-test, hasil ku pada saat itu adalah 450, dan itu terbantu karena structure-ku lumayan tinggi. Tentunya itu berkat program AEM! Konsep yang disusun oleh para pakar di CLIent memang ampuh banget. Sayang, untuk Reading dan Listening aku masih lemah. Masih jelas di ingatan ku, 1 minggu pertama belajar Listening dari 10 soal aku hanya benar 1 atau 2, haha..

Akhirnya, aku coba rubah pola belajarku dengan mengikuti semua yang disarankan oleh tutor-tutor CLIent. Ms Rini, tutor Listening kami, menyarankan untuk selalu mengulang-ngulang audio yang telah diberikan di akhir kelas. Akibatnya, untuk 1 materi aku bisa mengulang sampai 50 x, dan maaf, sampai ke kamar mandi pun aku membawa HP untuk mendengarkan listening TOEFL. Mungkin 1-2 x dengar, kita tidak mendengar jelas apa yang dikatakan oleh native speaker, tapi semakin di ulang, maka suaranya akan jelas dan Anda pun bisa hapal, apa yang mereka katakan.

Untuk Reading sendiri, Mr. Sam memberikan treatment dengan teks-teks yang mudah di pahami selama 1 minggu. Beliau mewajibkan kami untuk membaca 1 artikel 1 hari, dan mencatat kosa kata yang kami tidak pahami. Selain melatih kecepatan membaca, juga menambah kosa-kata. Untuk structure sendiri, aku memang sangat menyukai pelajaran Grammar semenjak di Pare, di bandingkan materi lain, tapi lagi-lagi seluruhnya harus balance. Selama di kelas TOEFL, aku bisa dikatakan tekun dalam belajar. Aku hanya tidur malam sekitar 2-3 jam saja, karena jam 4 aku harus sudah bangun lagi. Tapi Alhamdulillah, seluruh usahaku di bayar Allah dengan sangat indah. Akhirnya, setelah aku belajar TOEFL, yang aku pahami adalah :

  1. JANGAN SALAH PILIH KURSUSAN! CLIent is still the best English course in Kampung Inggris Pare with the best method to reach your dream!
  2. Basic English Anda harus cukup baik karena bila hanya mengandalkan trik, score Anda tidak akan lebih dari 500! Again, bila English Anda masih lemah untuk menuju TOEFL, CLIent Kampung Inggris adalah tempat terbaik untuk mewujudkan itu semua!
  3. Perbanyak latihan Structure, sering baca artikel dan ulang-ulanglah audio Listening TOEFL sampai jelas apa yang dikatakan oleh si speaker.
  4. Belajar yang tekun, targetkan berapa score yang Anda mau, dan buat perencanaan belajar yang matang setiap harinya! Thanks a bunch CLIent!

1 Comment

  1. Putra

    Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai TOEFL
    Silahkan kunjungin web kami http://www.language.gunadarma.ac.id/html/ibt/ kami menyediakan Tes untuk mengetahui kemampuan berbahasa Inggris seseorang

    Reply

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *