TIPS MAHIR LISTENING ALA KAMPUNG INGGRIS PARE

        Bahasa adalah alat komunikasi utama buat manusia. Salah satu bahasa yang wajib kita kuasai adalah bahasa nasional kita yaitu Bahasa Indonesia dan bahasa yang setidaknya harus kita kuasai untuk pergaulan lebih luas yaitu bahasa internasional yangs aat ini didominasi oleh Bahasa Inggris. Banyak tantangan harus kita hadapi dalam mempelajarinya, dan salah satunya adalah Listening alias kecakapan dalam mendengar bahasa tersebut saat diungkapkan karena sebuah kata bijak menyebutkan: every good conversation starts with good listening.

But, ngomongin soal tantangan ini, kita gak perlu khawatir! Berikut telah kami rangkumkan beberapa tips jitu mahir listening yang bisa kita coba buat nambah skill telingamu!

1. Mempunyai modal awal dengan menguasai ejaan atau pengucapan alfabet yang cukup baik

Kita tahu bahwa pengucapan alfabet dalam bahasa Inggris berbeda dengan bahasa Indonesia. Nah, setidaknya kamu perlu menguasai ejaan alfabet dengan cukup baik.Seperti misalnya huruf “A” dalam bahasa Inggris dibaca “E(i)” sehingga kata “Apple” dibaca “Epple”. Atau “Hour” yang dibaca “Ou()r”. Tanpa paham itu dulu, jangan harap kita paham apa yang orang Barat katakan! Betul?

2. Awali dengan mendengar lagu-lagu berbahasa Inggris sambil membaca text

Setiap aktivitas butuh pemanasan karena tanpa melakukan itu, bisa jadi kita kram. Sama halnya dengan melatih kecakapan listening, mendengarkan lagu berbahasa Inggris adalah salah satu alternatif pemanasan agar telinga kita tak terlalu canggung mendengar bahasa Inggris. Tapi, jangan sampai kita lupa untuk memperhatikan pemilihan jenis lagu yang sesuai dengan kemampuan kita agar mudah dalam menangkap pengucapannya dan memahaminya, syukur-syuku sambil membaca text liriknya agar tahu cara pengucapan dan pengejaan kata tersebut. Perlu kita juga hati-hati dalam memilih lagu karena tidak sedikit yang liriknya menggunakan kata-kata kurang sopan, atau grammar yang rancu karena tidak sedikit lagu yang tidak terlalu fokus pada grammar demi mengejar ritme.

3. Jadilah seorang SUFI (Suka Film) mulai dari sekarang

Untuk yang masih belum suka menonton film-film Barat, mulai sekarang perlu deh kayaknya menjadi seorang sufi. Karena ini akan cukup membantu kita. Jangan memaksakan diri menonton Youtube atau Film tanpa subtitle kalau memang belum cukup mahir, so tetap gunakan film dengan subtitle, but start with English subtitle. Dari aktivitas ini perbendaharaan vocabulary (kosa kata), pronunciation (pelafalan) yang benar dan pemahaman grammar (pola tata bahasa) pasti akan meningkat.

4. Jangan terpaku dengan 1 jenis aksen bahasa Inggris

Kita tahu bahwa di dunia nyata kita akan bertemu dengan penutur bahasa Inggris dari berbagai negara dan tempat. Misal; Perancis, Jepang, Korea, India, dsb. Maka dari itu cobalah belajar listening dengan berbagai macam aksen dan dialek, khususnya American untuk TOEFL dan British untuk IELTS.

5. Wajib hukumnya untuk latihan sesering mungkin

Listening itu seperti kita melihat iklan. Pertama dengar kita tidak terlalu paham. Dua kali, tiga kali, empat kali, dan tanpa sadar kita makin terbiasa. Maka dari itu setidaknya luangkanlah waktu sehari satu atau dua kali untuk mendengarkan audio berbasis bahasa Inggris untuk membiasakan telinga kita.

Di Kampung Inggris Pare, specially di CLIent pusat bahasa Pare, semua tips itu akan mudah kita dapatkan, kita aplikasikan dan diinstallkan pada diri kita, karena semuanya sudah disusun secara apik dalam program-program yang disediakan oleh para instruktur berpengalaman. So, pengen bagus listeningmu? Just come to Pare! [dama]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *