PENTINGKAH DIKSI DALAM BAHASA INGGRIS?

 

         

Diksi, kata yang tidak aneh dalam dunia bahasa. Kita bisa menyebutnya sebagai pilihan kata. Lalu, pertanyaannya kenapa kata harus dipilih? Well, kita mengenal banyak kosa kata di kamus, dan setiap kata memiliki fungsi serta maknanya masing-masing. Sebagai missal adalah pada kata makan. Makan adalah proses memasukkan makanan kedalam mulut. Namun ada kalanya makan bukanlah sebagai kegiatan memasukkan makanan ke dalam mulut. Contoh, ketika kita mengatakan bahwa bangku perkuliahan memakan banyak waktu. Dalam konteks tersebut, kata makan berarti menghabiskan waktu, bukan memasukkan makanan!

          Dalam dunia akademik, khususnya bahasa Inggris, pemilihan kata atau diksi ini akan sangat berpengaruh pada bagus tidaknya tulisan atau bicara kita. Terlebih, dalam bahasa Inggris terdapat konsep “one for one” yang artinya rata-rata perkatanya digunakan untuk satu makna saja. Ini jelas berbeda dengan bahasa Indonesia yang kebanyakan menggunakan konsep “one for all”. Ambillah contoh, jika kita mengatakan kata enak. Dalam bahasa Indonesia, kata enak bisa dimasukkan dalam beberapa konteks sekaligus, misal; makanannya enak, tidur di rumah ini enak rasanya atau aku tidak enak badan.

        Dalam bahasa Inggris kata enak sendiri memiliki makna tersendiri dalam berbagai penggunaan kalimat. Dalam kalimat pertama, yang mengatakan makanan itu enak, arti enak dalam kalimat tersebut adalah rasa “delicious”. Kalimat kedua, tidur disini enak rasanya. Maksudnya adalah nyaman “comfortable”. Dan yang terakhir, jika kita mengatakan badan kita sedang tidak enak, maka maksudnya adalah sedang tidak baik “fine”. Dan pastinya, akan terdengar lucu jika kita menggunakan diksi yang tidak tepat seperti menyebutkan; My body is not delicious untuk mengatakan bahwa kita sedang tidak enak badan. Emang kita mo dimakan?

       Selain dari beberapa contoh diatas, sebenarnya masih banyak lagi kata yang memiliki pilihan-pilihan kata. Lantas, bagaimana cara kita agar tidak tersesat dalam mencari kata yang tepat di kamus? Setidaknya ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam mencari diksi yang tepat, khususnya bahasa Inggris, tapi yang paling mendasar adalah pentingnya kita memahami penggunaan kamus berkualitas seperti Inggris-Indonesia/Indonesia-Inggris karya John M. Echols dan Hasan Shadily dalam menambah kosakata kita.

         Berkualitas di sini berarti kamus itu tidak hanya mencantumkan banyak hal penting seperti kelas kata, penggunaan situasi, makna, contoh kalimat dan huruf phonetic dari sebuah kosakata, tapi juga memberikan contoh penulisan kosakata dalam kalimat berdasarkan fungsinya.

         Itulah sedikit pengertian tentang pentingnya mencari diksi serta bagaimana cara mencari diksi dalam kamus. Dalam kaitannya, memang belajar diksi tidak bisa instan, butuh pembiasaan, terutama untuk memahami makna kata itu sendiri dalam kalimat. Selamat mencoba! [dimas]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *