JANGAN “KESASAR” DI PARE!

     Sebagaimana lembaga-lembaga pendidikan pada umumnya, kursusan-kursusan di Kampung Inggris Pare juga memiliki jadwal studi yang rapi. Pada setiap bulannya, sebagian besar lembaga di Kampung Internasional ini memulai program di setiap tanggal 10 dan 25. Di tanggal-tanggal itulah kemudian banyak didapati para siswa yang kesasar dan kebingungan.

     Pertama, kesasar di sini bisa diartikan secara harfiah yaitu kebingungan dalam mencari kelas. Kenapa? Perlu dipahami, kursusan di Kampung Inggris yang berjumlah 150-an lembaga ini seringkali memiliki ruang-ruang kelas yang jauh dari kantornya. Misal, kantornya didirikan di Jl. Tulip tapi ruang kelasnya di Jl. Raflesia. Jauh sekali bukan? Rasanya seperti berangkat dari Belanda ke Papua. Belum lagi, di jalan yang dituju, para siswa masih harus mencari-cari koordinat tepatnya yang itu belum tentu bisa dilihat melalui Google Map.

     Berikutnya, ini adalah “kesasar” yang tidak bisa dimaknai secara literal, tapi bahayanya sangat kental. Ketika seseorang kesasar dalam kategori ini, sudah bisa dipastikan dia akan membuang waktu yang sia-sia selama tinggal di Pare tanpa melihat adanya kemajuan yang nyata pada dirinya. Perlu dipahami, ketika siswa datang ke satu lembaga di Pare, umumnya lembaga-lembaga di sana akan menawarkan program yang sangat variatif tanpa mengukur kemampuan siswa sehingga sang siswa bingung harus memulai dari mana karena, rata-ratanya, para siswa belum benar-benar memahami kemampuannya. Sebagai contoh, banyak siswa tergiur dengan program IELTS karena memang itu sesuai dengan kebutuhannya, sementara dia belum paham bahwa kapabilitas dasarnya dalam berbahasa Inggris masih sangat lemah. Akhirnya, apa yang terjadi kemudian bisa ditebak. Mereka memasuki kelas IELTS atau kelas selevel itu, dan mengikuti pelajarannya, tapi mereka tetap susah memahami apa yang diajarkan oleh tutornya. Kenapa? Karena memang belum waktunya mereka sampai ke sana. Mereka kemudian berganti-ganti program instant, bahkan mencoba lembaga A dan lembaga B tapi tetap merasa bingung dengan pilihannya.

     Pada faktanya, dua hal di atas merupakan satu kasus yang jamak terjadi di Kampung Inggris Pare. Sebab itulah, akan lebih tepat bila para siswa berusaha mengenali diri mereka terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan untuk belajar di Kampung Inggris Pare. Ada baiknya, apabila siswa yang belajar di Kampung Inggris itu memang memulai dari langkah paling nol, sepatutnya dia tidak melepaskan dua materi kunci dalam menguasai bahasa Inggris: grammar dan speaking. Di manapun dia belajar nanti, akan sangat tidak tepat bila dia tergiur dengan program lain manakala dia belum memantapkan dua kunci dasar itu.

Di sinilah kemudian urgensitas dari belajar dengan sistem terintegrasi akan dirasakan, dan CLIent, pusat bahasa Pare, telah menyusun konsep yang pastinya akan sangat memudahkan langkah para pelajar di Pare agar mampu menguasai kunci bahasa Inggris dengan cepat melalui program Academic English Mastery yang mencakup Fast Grammar Points, Speaking dan Writing for Grammar. Ini merupakan program super cepat dan sangat terintegrasi dengan baik yang hadir pertama kali di Kampung Inggris Pare untuk membuka setiap kunci bahasa Inggris tanpa berbelit-belit sehingga waktu, biaya dan tenaga Anda tidak tersia-siakan. Just try it then! [ gud ]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *