Apa Saja Sih Wisata Menarik di Pare?

Pare-Kediri,  pasti sudah tidak asing lagi dengan nama tempat yang satu ini. Kota kecil ini cukup terkenal dengan “Kampung Inggris-nya” yaitu tempat dimana banyak siswa berlomba-lomba agar mampu menguasai bahasa dunia di era ini. Yaps, it is bahasa Inggris.

Well, meskipun Pare adalah kota kecamatan kecil , namun keramaiannya tidak kalah jauh dengan kota-kota besar pada umumnya. Buktinya banyak yang mengatakan justru Kampung Inggris sendiri adalah Kampung rasa Kota, dikarenakan banyaknya hal dan fasilitas yang bisa kita temukan disini dengan mudah layaknya kita hidup di perkotaan. Tapi tenang Readers, suasananya masih seperti kampung pada umumnya, sangat asri dan masih terjaga kerukunannya.

Sebagimana kita ketahui bahwa setiap tempat pasti punya tempat wisatanya masing-masing, begitupun Pare. Selain terkenal dengan Kampung Inggris, ternyata terdapat banyak tempat wisata lainnya di kota kecil ini. Jadi untuk teman-teman yang ingin belajar bahsa Inggris di Pare tidak perlu khawatir akan tidak adanya fasilitas tempat refreshing maupun ber-selfie ria. Alright, di artikel ini kita akan membahas tentang tempat wisata apa aja sih yang ada di Pare.

 
  1. Tugu Garuda

Tugu atau monumen yang dibangun pada tahun 70-an ini menjadi spot yang menarik di Pare. Terletak di landmark Pare yang strategis sebagai tanda pintu masuk ke kota Pare dari arah Kediri. Selain itu, terdapat juga ukiran teks Pancasila dan Proklamasi kemerdekaan di bagian bawah tugu yang menyangga dua buah pilar. Di ujung atas pilar, bertengger sang Garuda Pancasila dengan gagah dan megahnya. Di sisi selatan dan utara, anda bisa melihat relief yang menggambarkan Indonesia pada masa penjajahan, mulai jaman Jepang dan Belanda, masa kemerdekaan dan masa pembangunan Orde Baru. Dan juga di sebelah timur terdapat taman yang cukup asri sehingga banyak penduduk setempat maupun dari luar daerah dapat menikmati keindahannya apalagi ketika menjelang malam Tugu Garuda sendiri akan dihiasi lampu-lampu cantik berwarna-warni yang mengelilingi tugu yang dapat menambah daya tarik pagi para pelancong. Bagi Anda yang ambil kursus bahasa Inggris di CLIent Kampung Inggris, destinasi ini sangat dekat letaknya. Sehingga bukan tidak mungkin Anda akan mengunjunginya setiap harinya.

 
  1. Masjid An-nur - Taman Kilisuci

Selain terdapat monumen bersejarah, Pare juga memiliki masjid terbesar yaitu Masjid An-nur. Dengan desain interior yang unik dan bagus masjid ini bisa menampung ratusan bahkan ribuan jamaah. Aktivitas keagamaan pun sering dialakukan di tempat ini. Selain itu, terdapat sebuah taman yang sangat asri di sebelah Masjid An-Nur yaitu taman Kilisuci. Hampir setiap hari bahkan setiap waktu taman ini dipenuhi oleh masyarakat setempat. Di taman Klilisuci pun terdapat pasar dan wi-fi Id. Jadi tidak heran kenapa taman ini tidak pernah sepi. Lagi-lagi, tempat ini sangat dekat bila Anda menjangkaunya dari CLIent Kampung Inggris Pare.

 
  1. Stadion Canda Birawa

Gedung olahraga yang dimiliki oleh Pare ini sering digunakan untuk acara keolahragaan. Selain digunakan untuk acara olahraga, terkadang acara-acara besar pun dihelat di stadion ini. dikarenakan stadion ini bisa meampung ratusan bahkan ribuan orang. Selain itu, setiap pagi maupun sore banyak masyarakat yang berolahraga di stadion ini. Bagi pelajar di lembaga kursus yang berlokasi di Jl Sakura, tempat ini sangat mudah diakses.

 
  1. Alun-Alun Thamrin Pare-Ringin Budho

Taman pusat kota ini tidak kalah jauh menarik dengan taman Kilisuci. Taman yang dibangun untuk mengenang pencapaian Pare  yang pernah mendapatkan Piala Adipura karena kebersihannya. Letaknya yang terdapat di tengah kota membuat taman ini sangat strategis untuk menikmati pemandangan kota. Selain itu, di taman ini terdapat juga sebuah situs atau biasa dikenal dengan Situs Ringin Budho. Situs ini sendiri berada tepat di tepi jalan dan berada dalam naungan sebuah pohon beringin dan berada dalam pagar yang di cat merah. Di sekitar taman ini juga dipenuhi oleh para pedagang, sehingga mudah buat kita untuk mencicipi kuliner di sekitar taman. Sayangnya, tempat ini termasuk dalam kategori destinasi yang cukup jauh bagi para penghuni Kampung Inggris.

 
  1. Candi Tegowangi

Salah satu peninggalan bersejarah yang terletak di desa Tegowangi ini merupakan tempat wisata yang sangat menarik. Monumen yang konon merupakan peninggalan zaman Majapahit ini masih terawat dengan apik. Rumput-rumput hijau dang pohon-pohon yang mengelilingi area sekitar candi membuat nyaman untuk bersantai dan duduk-duduk memandangi candi. Dan, dari sekian lembaga kursus di Pare, CLIent adalah tempat terdekat untuk mencapai destinasi ini.

 
  1. Surowono

Salah satu tempat yang terletak di desa Canggu ini memiliki banyak destinasi wisata seperti Candi Surowono, Goa Surowono dan Kolam Renang Surowono. Candi surowono adalah candi yang dibangun pada abad 14 untuk memuliakan Bhre Wengker, salah satu raja dari Kerajaan Wengker dibawah kekuasaan Kerajaan Majapahit. Untuk naik ke selasar di atas kaki candi terdapat tangga sempit yang terletak di sisi barat.

Next, selanjutnya terdapat Goa Surowono merupakan goa bawah tanah yang ini memiliki lorong panjang sekitar 800 meter dari ujung muara hingga bertemu aliran sungai dan 5 cabang lorong utama. Karena berbentuk kanal (aliran sungai bawah tanah), rugi buat kamu jika tidakk mencoba memasuki terowongannya. Di awal lorong tempat masuk goa, tingginya sekitar 160cm, bisa dilewati oleh tubuh orang dewasa. Semakin masuk kedalam goa, lebar dan tingginya semakin sempit dan gelap, sehingga bisa menguji adrenalin kita. Tapi jangan khawatir dikarenakan terdapat Guide yang bisa kita sewa untuk mendampingi kita menyusuri goa.

Dalam radius 500 meter dari Goa, terdapat juga sebuah pemandian yang bisa kita kunjungi untuk membersihkan diri dan melepas penat setelah perjalan dari Candi maupun Goa Surowono. Nama pemandiannya adalah sendang Drajat Surowono.

Sama dengan Alun-Alun Thamrin, destinasi cantik ini juga cukup jauh dari Kampung Inggris Pare. Setidaknya harus ada hari libur dengan waktu yang cukup luang bila kita ingin mengunjunginya.

Well, guys itu tadi adalah tempat-tempat wisata yang terdapat di Pare yang bisa kamu kunjungi saat berkunjung ke Pare. Semoga info ini bermanfaat untuk kalian para traveller. [ dama ]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *