TIPS CEPAT USIR WORD FILLERS DALAM SPEAKING

Well guys, kita tahu bahwa ketika kita berbicara apalagi di depan publik pasti nggak bakal jauh dari yang namanya demam word filler seperti mmmmmm....aaaaaaaaa...eeeee...dan semacamnya. Betul?

Kata-kata filler ini tidak memiliki arti atau sering juga disebut bergumam atau mumbling. Word filler itu seolah seperti hama buat speaking kita. Berbicara dalam bahasa nasional saja, kita pasti sering juga diserang word filler, apalagi ketika kita Speaking menggunakan bahasa internasional yang sangat dibutuhkan sekarang ini yaitu bahasa Inggris. Pastinya akan banyak segudang hama word filler dalam speaking kita.

But, don’t worry guys. Disini kita akan membagikan tips gimana sih cara menghilangkan hama word filler ini. Check this out!

  1. Sadari bahwa kita sering mengucapkannya dan itu sangat menganggu

Pada umumnya bergumam pada saat Speaking terjadi tanpa kita sadari, maka langkah pertama untuk mengatasinya adalah dengan menyadari bahwa kita sering melakukannya. Kita harus tahu  seberapa sering kita bergumam saat Speaking di depan publik. Selain itu, sadari juga bahwa word filler itu sangat menganggu. Jika hanya sedikit word filler yang digunakan mungkin itu tidak akan menjadi masalah, tapi jika kita sering menggunakannya dalam jangka panjang maka word filler itu adalah masalah. Karena secara tidak langsung, word filler akan menganggu penyampaian pesan kita terhadap lawan bicara kita.

  1. Persiapan yang baik

Setelah menyadari seberapa sering kita menggunakan word filler hal berikutnya adalah melakukan persiapan yang baik dan matang sebelum Speaking. Kita tahu bahwa munculnya word filler ini diakibatnya karena kita gugup dan kurangnya persiapan seperti merancang dan menyusun materi yang akan kita bicarakan dengan baik. Maka dari itu persiapan yang baik sangat diperlukan.

  1. Perbanyak latihan

Well, selain mempersiapkan materi atau bahan pembicaraan yang kita gunakan, memperbanyak latihan juga penting. Seperti kita me-record suara kita agar kita tahu letak dimana kita sering menggunakan word filler. Sehingga kita bisa meminimalisir penggunaan word filler itu sendiri.

  1. Diam lebih baik

Pepatah mengatakan “silent is very good than we talk about something useless”. Sama halnya seperti word filler, jadi lebih baik kita diam. Kita coba untuk mengucapkan word filler kita dalam hati. Tapi, maksud diam disini tidak diam selamanya ya guys. Maksudnya diam dalam arti mem-paused speaking kita dalam jangka waktu yang singkat.

  1. Mengunakan kata ganti yang memiliki arti

Yaps, ini adalah tips terakhir cara untuk menghilangkan word filler kita dengan cara mengganti mumbling kita dengan sebuah kata yang lebih bermakana atau bisa juga menggunakan kata penghubung. Contohnya : well, and, after that, then, dsb. Ini lebih membuat Speaking kita terlihat lebih natural, but kita juga harus lebih kreatif. Maksudnya jangan hanya menggunakan satu varian kata misal dari awal sampai akhir kita hanya menggunkan well saja. Itu terlihat monoton, maka dari itu kita bisa menggunakan banyak varian. [ septi ]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *