TIPS BIAR ENGLISHMU MIRIP HARRY BUKAN MUKIDI!

“Could you please take for me a fork?” “What? Frog? Fact? Fog? F**K? Oh my God!

Pernah denger kesalahpahaman semacam ini? Banyak! Dan yang semacam ini sering muncul karena lemahnya pembicara dalam menguasai pronunciation atau pengucapan bahasa Inggris yang benar. Dengan kata lain, memahami Grammar dengan baik, mengetahui banyak kosakata, atau mampu berbicara dengan lancar kadang belum bisa menjamin kesempurnaan bahasa Inggris kita tanpa pronunciation yang sempurna. Kenapa? Karena tanpa menguasai itu, bisa jadi miskomunikasi sering terjadi, betul?

Lalu bagaimana  cara memperbaiki pronunciation kita khususnya yang lidahnya masih belum terbiasa dengan English accent? Oke, semoga tips berikut ini bisa membantu mencerahkannya.

  1. Biasakan membaca artikel-artikel bahasa Inggris baik dari website atau majalah, dan koran dengan suara keras. Cukupkan dengan membaca satu artikel setiap harinya, lebih bagus bila bisa lebih.
  2. Fokuskan pada satu pronuciation dulu, entah British atau American. Bila ingin melatih British, biasakan juga nonton film-film Hollywood dengan British accent seperti Harry Potter, Narnia atau Sherlock Holmes. Sebaliknya, bila pengucapan American yang ingin dikuatkan, maka sering-seringlah nonton film berbau Amerika seperti Man of Steel.
  3. Tandai kosa kata yang kita ragu dengan cara bacanya, termasuk ketika nonton film atau denger lagu. Begitu ada kosakata yang pengucapannya susah, tandai segera dan cari tahu bagaimana mereka (orang Barat) mengucapkannya. Karenanya, adalah hal yang tepat bila kita nonton film atau denger lagu pun sambil mantengin English subtitle or song lyricnya.
  4. Bisa juga kita memakai kamus khusus di gadget yang menyediakan audio untuk menunjukkan cara pengucapan kosakatanya, dan bila belum punya, segera download ya!

      Sebenarnya dengan mempraktekan kegiatan diatas tersebut secara tidak langsung bukan hanya akan memperbaiki pronunciation saja tetapi juga menambah kumpulan kosa kata baru dan sekaligus  juga meningkatkan kemampuan Grammar kita.  Tentu saja kita berharap bahwa kemampuan kita dalam berbahasa Inggris bukanlah kemampuan yang setengah-setengah tetapi yang kita miliki adalah kemampuan berbahasa Inggris yang utuh, mencakup semua aspek yang di butuhkan dalam tes kecakapan bahasa Inggris ataupun ketika kita harus berinteraksi dengan native speaker secara langsung. Gak bisa dibayangkan kan betapa lucunya andai kita ikut tes wawancara tes IELTS, tapi pronunciation masih lemah, sekadar contoh; “Well, can you tell me your favorite movie?”.....”Yes, Sir, mmm... I love Kungpu Fanda!”......Hening. [ESMT]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *