Tinggalkan Doktrin Kuno!

Kalo mau belajar Grammar ya fokus ke Grammar saja, gak usah ambil Speaking dulu.

Well, pernahkah kita mendengar jargon smacam itu? Saya sering. Banyak siswa, khususnya yang baru datang ke Pare, suka sekali menyuarakan semboyan disintegrasi or perpecahan dalam mempelajari bahasa Inggris. Seolah, English itu harus dipelajari dengan fokus pada salah satu dulu (parcial learning), dan mustahil mempelajari English tanpa cara itu. English akhirnya tetap menjadi sesuatu yang sakral dimana seolah-olah mempelajarinya menjadi susah, dan butuh berbulan-bulan untuk didapatkan.

Saya katakan, itu tentu keliru. Bagaimanapun, kita harus kembalikan pemahaman kita pada hakekat English dulu. Bahasa asing ini mengandung 2 hal utama: Grammar sebagai asas dan Speaking, Listening, Writing atau Reading sebagai aplikasi. Pertanyaannya, haramkah bila kita ingin blajar asas sambil mnguatkan aplikasi? Pastix tidak. T.I.D.A.K.

Sebagaimana seseorang yang belajar manual book sebuah HP sambil mencet-mencet tombol si HP, atau anak yg belajar teori sholat sambil mengiringinya dengan mngikuti sholat beneran or sekadar praktek sholat di masjid. Salahkah mereka? Not, absolutely. Karena  kadang menambah praktek pada ranah aplikasi justru akan menguatkan teori, dan sebaliknya, sibuk di aplikasi tanpa teori juga akan menjauhkan kita dari pemahaman hakiki.

That's why sya meramu sebuah metode belajar bahasa Inggris yg "mnggado-gadokan" teori dan prakteknya dgn nama AEM (Academic English Mastery) yang, Alhamdulillah, walau masih "muda" usia teori itu, tapi mlaluinya beberapa orang yang lama "terjebak" di Pare bisa juga ke Australia, 2 orang yg "galau" di Pare bisa juga lolos beasiswa, 1 orang yang jdikan TOEFL sebagai target puncak akhirnya bisa meraih score istimewa, dan banyak lagi hasil mnakjubkan lainnya.

Intinya teori utuh dan sistematis yang dipadu dengan praktek yang sama sistematisnya pasti akan menghasilkan pmbelajaran yg sempurna, dan memang itulah kuncinya. [ gud ]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *