Hafal Vocab Cara Kilat? Why Not?

Ngomongin aktivitas menghafal, banyak orang yang membencinya. Apalagi kalo itu masalah menghafal Vocab alias kosakata demi kemajuan bahasa Inggris kita. Hmm..banyak orang sudah bilang horor duluan sebelum melakukannya. So pertanyaannya, adakah cara cepat untuk menghafal? Jawabannya, ada. Bagaimana caranya? Cukup manfaatkan otak kanan kita lebih baik dari otak kiri.

Well, guys. Pernahkah kita berfikir mengapa di saat menghafal pelajaran di masa-masa sekolah adalah hal yang cukup menyiksa bagi sebagian orang, sementara di saat kita menonton film di bioskop ataupun membaca novel, bila di minta menceritakan ulang, secara mudah kita bisa mengingat alur cerita dalam film ataupun isi novel tersebut?

Yups, hal itu karena dalam film, apa yang kita lihat adalah gambar visual dan suara yang mudah dibayangkan. Dan, kabar gembiranya, hal itu sebenarnya sangat mampu kita praktekkan untuk menghafalkan kosakata. OK, let’s try! Perhatikan kosakata-kosakata berikut ini.

  1. Hot
  2. Hat
  3. Walk
  4. Inn
  5. Buy
  6. Take
  7. Cupcake

Di atas ada 7 vocabularies yang tertulis dengan acak. Nah sekarang, coba kita hafalkan 7 vocabularies ini hanya dalam waktu 3 detik! Cukup lihat sekilas beberapa kosakata tersebut. Setelah itu kita coba membuat visual di otak kita, atau membuat gerakan simple yang berhubungan dengan kata tersebut sehingga mudah kita ingat. Contohnya?

  1. Hot = coba untuk mengibaskan tangan kita seperti orang kepanasan,tanamkan pada otak kita bahwa hot itu panas.
  2. Hat = setelah itu pegang kepala kita seolah olah kita memakai topi
  3. Walk = buat gerakan kecil pada kaki kita yang mengisyaratkan berjalan
  4. Inn = bayangkan setelah berjalan jauh kalian mampir ke warung,atau buat gerakan khas dengan tangan kita yang mudah di ingat.
  5. Buy = ulurkan tangan kalian seolah olah ingin membeli sesuatu
  6. Take = isyaratkan pula gerakan yang sekiranya mudah di ingat seperti seseorang sudah membeli sesuatu lalu mengambil barang yang sudah di belinya.
  7. Cupcake = bayangkan bahwa di tangan kita ada sepotong roti yang lezat dan siap untuk di makan.

Tanpa kita sadari, otak kita akan merangsang dengan cepat dan sistematis saat kita melakukan gerakan kecil tersebut. Dan yap, 7 vocabularies sudah kita kuasai hanya dalam waktu singkat secara berurutan. Kita juga bisa menambah lebih banyak vocab dan menghafalkannya dengan metode yang sama. Hanya dengan cara yang sangat simple, tanpa merasa terbebani kita bisa melakukan hal yang kita pikir sulit menjadi sesuatu yang seru. Sekarang menghafal bukan lagi menjadi sesuatu yang menakutkan bukan? Asal, kita tahu caranya! So, let’s try it guys! Remember, learning is more effective when it’s fun but serious. J [ anik ]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *