GRAMMAR BAGUS, SPEAKING MULUS VOL 03: LISTEN & WATCH!

Tips kedua, sertailah belajar Speaking kita dengan menonton video Bahasa Inggris yang dibawakan oleh native English. Nonton sehari minimal setengah jam udah cukup membuat lidah kita lebih flexible dalam mengimitasi mereka.

Tapi, jangan lupa untuk memilih aksen yang kita sukai dulu sebelum merutinkan nonton video. Misal, kalau pengin ngelancarin British tongue, bisa tuh coba sering nonton videonya JK Rowling or Daniel Radcliffe, dedengkotnya Harry Potter. Mau American, dengar aja kuliahnya Steve Jobs. Tapi jangan hanya dengerin, guys. Praktekkin! Itu yang biasanya saya lakukan.

Tiap abis nonton, saya mencoba mengulangi apa yang dia bicarakan dengan sudut pandang saya (tentu ada tambahan dan pengurangan) dengan style yang saya mirip-miripkan dengannya. Ini penting karena dengan proses imitating, kita bisa berbicara dalam bahasa Inggris dengan lebih natural. Tahu sendiri kan, banyak orang sudah bagus Speakingnya, tapi susah ninggalin aksen daerahnya. For example, banyaknya orang Jawa yang ketika speaks English malah medhok luar biasa.

Nah, kemudian lebih sempurna pula bila kita merekam tuh aksen kita. Dulu, masa-masa masih belajar English pertama kali, dan belum ada gadget canggih kayak sekarang, saya suka merekam aksen saya dengan kaset kosong di tape recorder. Ngakak sih tiap ndengerin ulang, tapi itu precious or berharga banget. Kita jadi ngerasa dimana saja kelebihan dan kekurangan kita saat berbicara. Mana pronunciation yang sudah terdengar enak, dan mana pronunciation yang masih sering salah-salah dalam membawakannya.

Kesimpulannya, to learn Speaking by listening to music or watching movie is really helpful. Ketika kita rutin ngelakuin hal semacam itu, maka ia akan membantu menetralisir kebuntuan kita baik dalam bicara, juga dalam menata Grammar kita sebab para native yang kita dengerin obrolannya sudah nyata-nyata memakai bahasa yang cukup grammatical.

By the way, kita masih ada tips ketiga yang juga tidak boleh ditinggalkan tentunya. Tunggu saja tulisan berikutnya. [ mr gud ]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *